Articles » Sains dan Teknologi » Website & Internet » 5 Rahasia Membuat Artikel Blog Berkulitas
5 Rahasia Membuat Artikel Blog Berkulitas

5 Rahasia Membuat Artikel Blog Berkulitas

Terakhir diperbarui pada Mei 4, 2023

Setelah mempelajari tips cara mendesain blog, kali ini kita akan mempelajari tips untuk membuat konten blog yang berkualitas. Sebenarnya konten yang kalian posting di blog, jauh lebih penting daripada desain blog. Karena isi dari artikel yang akan menarik dan mempertahankan pengunjung blog. Karenanya, kalian harus belajar membuat konten blog yang berkualitas. Jadi bagaimana? Mau tau rahasianya? Silahkan baca artikel ini sampai habis.

Creating Powerful Headlines

Headline, judul, atau topik artikel dari blog kalian adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pengunjung blog. Judul adalah alat pertama yang dapat kalian gunakan untuk membuat kesan pertama yang baik pada pengunjung blog. Sering kali, judul artikel yang unik akan mendorong pengunjung blog untuk meng-klik postingan kalian. Nah, berikut adalah beberapa tips yang jika kalian ikuti, kalian akan dapat membuat headlines yang powerful.

  • Gunakan Angka

Angka selalu dapat menarik perhatian orang. Misalnya judul artikel seperti:

7 Tips Jitu Lolos Jurnal Scopus

cenderung lebih menarik perhatian orang dari pada judul seperti “Cara Lolos Jurnal Scopus” atau “Tips Lulus Jurnal Scopus” saja.

  • Gunakan Kata Sifat yang Menarik

Gunakan kata sifat yang menarik seperti “mudah”, “luar biasa”, “aneh”, “jitu”, “penting”, dan lain-lain . Kata sifat ini akan membuat artikel terlihat lebih menarik. Contoh dari artikel Indowhiz yang menggunakan kata sifat yaitu:

5 Hal Penting untuk Membuat Pendahuluan yang Baik dan Benar

  • Gunakan Kosa Kata Unik

Gunakan kosa kata yang unik seperti “pelajaran berharga”, “alasan”, “cara”, “rahasia”, “prinsip”, “fakta”, “tips”, dan lain-lain. Misalnya seperti judul artikel ini:

5 Rahasia Membuat Artikel Berkulitas atau

Tips Desain Blog, Mulai dari Memilih Domain Sampai Plugin

  • Gunakan Kata Pemicu

Selain menggunakan angka, kalian juga dapat menggunakan kata-kata pemicu. Contoh dari kata-kata pemicu adalah kata-kata yang memiliki kemampuan persuasif seperti “kenapa”, “bagaimana”, dan “apakah”. Misalnya saja seperti judul pada artikel berikut:

Apakah Situs Kamu Siap Menggunakan Google AdSense?

Keyword Research

Keyword Research

Riset kata kunci dapat membantu kalian mengetahui apa yang saat ini diminati orang dan apa yang mereka cari di mesin pencari. Kata kunci ini akan memberi kalian wawasan tentang cara menyusun konten untuk meningkatkan visibilitas konten kalian di mesin pencari.

Ketika kalian mendapatkan kata kunci ini, kalian harus menambahkannya ke konten kalian sebanyak mungkin. Ini salah satu trik untuk meningkatkan peringkat artikel kalian di halaman mesin pencari.

Nah, ada beberapa situs yang dapat kalian gunakan untuk melakukan pencarian kata kunci. Situs-situs tersebut antara lain adalah:

Outsourcing

Outsourcing

Jika kalian masih pemula, kemungkinan keterampilan atau kemampuan untuk menulis artikel masih belum maksimal. Meskipun kalian belum bisa menulis artikel yang baik, bukan berarti kalian tidak dapat memulai blog atau mendapatkan uang yang banyak dari blogging. Solusinya adalah lakukan outsourcing ke penulis lepas untuk membuat artikel menggunakan kata kunci dan topik yang kalian sediakan.

Jadi jangan biarkan ketidakmampuan kalian untuk menulis menghalangi kalian. Cukup temukan penulis lepas yang baik dan tetapkan topik artikel untuk mereka. Memang kalian harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli artikel tersebut. Namun, semua modal itu akan kembali jika kalian mau berlajar dan berusaha dengan keras tentunya.

Sekarang pertanyaannya, darimana kalian bisa mendapatkan orang yang bisa diajak bekerjasama untuk menulis artikel? Nah kalian bisa mencarinya pada beberapa situs antara lain:

Adding Photos and Videos

Sangat penting untuk menambahkan foto atau video ke artikel blog kalian. Pertama, gambar atau video akan membuat konten kalian terlihat menarik secara visual. Yang lebih penting, gambar juga bisa membantu meningkatkan visibilitas mesin pencari terutama ketika kalian menambahkan “Teks Alt” dan “deskripsi” yang penuh kata kunci ke gambar kalian. Manfaat lainnya adalah, saat artikel kalian di-share ke social media, maka gambar akan membantu membuat artikel kalian terlihat menarik.

Selain hunting foto sendiri, kalian juga bisa mendapatkan banyak stok foto dan gambar bebas royalti untuk digunakan di artikel blog. Silahkan baca artikel berikut untuk mendapatkan info website penyedia stock foto gratis.

8 Sumber Penyedia Gambar Gratis Untuk Mempercantik Artikel Blog atau Feed Instagram

This is The Secret: Writing Styles

This is The Secret: Writing Styles

Gaya penulisan atau writing style sangat penting dalam blogging. Gaya penulisan yang kalian pilih dapat menarik atau bahkan menolak pembaca. Nah, jika kalian sudah mau mulai mencoba membuat artikel yang menarik, silahkan ikuti rahasia berikut ini ya!

Gunakan Paragraf

Orang tidak terlalu suka membaca teks dalam jumlah banyak. Pisahkan teks tersebut dalam paragraf. Ingat paragraf yang baik cukup memiliki minimal 3 kalimat saja. Selain itu, buat kalimat-kalimat yang pendek untuk membuatnya lebih mudah dan lebih menarik untuk dibaca.

Gunakan Sub-Judul

Selain judul utama, kalian juga harus menggunakan sub-judul atau heading dalam artikel untuk membuatnya lebih mudah dibaca. Sub judul juga membantu kalian memecah artikel dalam beberapa bagian. Tentu ini akan memudahkan pembaca.

Gunakan Kata Sederhana

Hindari kata-kata palsu atau hiperbolis. Lebih baik, gunakan saja kata-kata yang mudah dipahami.

Gunakan Kalimat Aktif

Menggunakan kalimat aktif lebih baik daripada kalimat pasif. Artikel kalian akan jauh lebih menarik bagi pembaca.

Menulis Secara Natural

Biarkan tulisan kalian mengalir secara alami. Jika bisa, blog kalian harus bisa berbicara seperti seorang teman.

Harus Jelas

Terakhir, kalian harus membuat artikel dengan jelas, tidak berbelit-belit. Hindari ambiguitas atau pernyataan palsu.


Nah, setelah kalian tahu bagaimana cara membuat artikel yang baik, silahkan mulai dari sekarang. Dan saat artikel kalian sudah banyak, sekarang saatnya mencari tahu bagaimana meningkatkan lalu lintas atau pengunjung ke blog kalian. Pastikan kalian membaca artikel berikutnya!

7 Rahasia Meningkatkan Traffic Blog

Penjelasan Versi Video


References

Alan Hirsch. 2016. Blogging The Ultimate Guide On How To Replace Your Job With A Blog

Image: Freepik

6 komentar untuk “5 Rahasia Membuat Artikel Blog Berkulitas”

  1. makasih sharingnya. aku memang masih bleum jago membuat artikel non fiksi. karena emmang suak menulis fiksi. Tapi akdanag masih penasaraan juga mau bisa

    1. Iya nih, sering-sering baca artikel dari blog-blog lain, penulis lain, juga bisa membantu meningkatkan skill loh sis. Banyak banget blogger yang tulisannya keren-keren

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.